Tips Membersihkan Jeroan Kambing dan Sapi agar Tidak Bau

Selain daging, bagian dari hewan kurban yang bisa dimakan adalah jeroan. Sebelum diolah, jeroan harus dibersihkan terlebih dahulu.

Tak hanya dengan air, jeroan harus dibersihkan dengan cara lain agar aromanya benar-benar hilang. Saat sudah dibersihkan, jeroan bisa menjadi olahan yang enak ketika dimasak dengan benar.

Berikut tips menghilangkan bau jeroan sapi atau kambing dari President of Association of Culinary Professionals Chef Stefu Santoso:

1. Dicuci dengan air mengalir

Saat mendapatkan jeroan, hal pertama yang harus dilakukan untuk membersihkannya adalah mencuci jeroan menggunakan air mengalir. Hal ini dilakukan agar lendir dan sisa darah yang menyebabkan bau amis hilang.

2. Rebus jeroan dua hingga tiga kali

Merebus jeroan bisa membantu untuk menghilangkan bau pada jeroan. Pertama rebus jeroan dengan menggunakan rempah. Bisa jahe atau cengkeh.

Setelah itu buang airnya. Lalu rebus lagi menggunakan garam dan rempah hingga bau jeroan hilang. Selain jahe dan cengkeh, rempah lain yang bisa digunakan adalah sereh dan kayu manis.

Jeroan yang bersih dan tidak bau bisa diolah menjadi makanan yang enak. Ada beragam hidangan yang terbuat dari jeroan, mulai dari rendang paru, sate usus, sego babat dan lain sebagainya.

WINDA OKTAVIA

Tak hanya dengan air mengalir, jeroan harus dibersihkan dengan cara lain agar aromanya benar-benar hilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.