SehatQ, Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Jika di sini Anda tengah hamil, maka terdapat beberapa buah yang dilarang untuk ibu hamil. Anda diharapkan tidak mengkonsumsi makanan tertentu karena memang terdapat anggapan bahwasanya beberapa buah tersebut dapat mengakibatkan keguguran.

Lalu kira-kira buah apa saja yang dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil? Untuk mengetahuinya berikut artikel kesehatan akan mengulas secara singkat.

Apa Saja Buah yang Dilarang Untuk Ibu Hamil?

 

Jenis makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil nantinya akan mempengaruhi kesehatan janin dan juga dirinya sendiri. Di sini terdapat beberapa klaim yang menyatakan bahwa sebagian buah kurang aman untuk dikonsumsi ketika seorang ibu tengah hamil. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan beberapa buah yang dilarang menjadi konsumsi tersebut.

Asam Jawa

Merupakan hal yang lazim saat ibu hamil mengidam makanan yang rasanya cukup manis seperti contohnya buah asam jawa. Sebenarnya di sini asam jawa cukup aman untuk dikonsumsi ibu hamil tapi buah tersebut akan menyebabkan resiko kesehatan jika dikonsumsi atau dimakan secara berlebihan.

Hal itu dikarenakan kandungan vitamin C yang terdapat pada asam jawa bisa mengakibatkan produksi hormon dari progesteron tersebut tertahan. Alhasil kadar kolesteron pun rendah bisa mengakibatkan keguguran bahkan hingga rusaknya sel pada janin.

Hal tersebut jadi alasan mengapa asam jawa masuk dalam daftar buah yang cukup dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil muda karena memang dikhawatirkan nantinya jika dikonsumsi berlebihan menyebabkan keguguran.

Pisang

Pisang juga dimasukkan oleh beberapa orang dalam daftar buah yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebenarnya buah yang sangat menyehatkan tersebut aman untuk dikonsumsi seorang ibu yang hamil, tapi terdapat beberapa kondisi medis yang akhirnya menjadikan pisang perlu untuk dihindari.

Pisang memiliki kandungan berupa chitinase, yaitu semacam latex yang dipercaya sangat berbahaya jika orang yang mengkonsumsi mempunyai alergi atau mereka mengidap diabetes. Kandungan tersebut juga akan mengakibatkan suhu tubuh jadi meningkat.

Selain itu kandungan gula yang terdapat di dalam pisang cukup tinggi itulah mengapa ibu hamil yang di sini mereka terserang diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi pisang.

Durian

Durian juga dianggap sebagai buah yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun nyatanya durian sebenarnya aman untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan zat mineral, vitamin dan berbagai macam antioksidan yang sangat menguntungkan bagi ibu hamil.

Tapi ibu hamil dilarang untuk konsumsi durian dalam jumlah yang banyak karena buah tersebut memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang melimpah. Hal itu nantinya dikhawatirkan bisa mengakibatkan janin mengalami berat badan yang naik sehingga akan membuat proses kelahiran jadi lebih susah.

Itulah kenapa di sini buah durian sangat dipercaya sebagai buah yang cukup berbahaya bagi ibu yang hamil. Ibu hamil yang memiliki riwayat diabeten, obesitas dan tengah mengalami fase trimester ketiga disebut tidak boleh mengkonsumsi buah tersebut.

Tomat Kaleng

Buah yang memang kerap kali dianggap sayur tersebut nyatanya sangat menyehatkan tapi perlu untuk dihindari oleh ibu hamil. Hal itu dikarenakan tomat yang dikemas di dalam kaleng memiliki kandungan bahan pengawet yang cukup tinggi. Pengawet tersebutlah yang dapat membahayakan kesehatan bagi bayi yang terdapat di dalam rahim.

Kurma

Kurma merupakan buah yang sangat kaya nutrisi serta vitamin penting. Tapi sekalipun begitu ibu hamil sangat disarankan agar tidak mengkonsumsi buah tersebut secara berlebihan. Hal itu dikarenakan kurma bisa meningkatkan suhu tubuh serta merangsang kontraksi rahim.

Jika di sini Anda tengah hamil, maka terdapat beberapa buah yang dilarang untuk ibu hamil. Anda diharapkan tidak mengkonsumsi makanan tertentu karena memang terdapat anggapan bahwasanya beberapa buah tersebut dapat mengakibatkan keguguran. Lalu kira-kira buah apa saja yang dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil? Untuk mengetahuinya berikut artikel kesehatan akan mengulas secara singkat. Apa Saja Buah…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.