Sambut Era Kendaraan Listrik, Begini Cara Pemerintah Atasi Limbah Baterai

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) saat ini telah mencoba mempercepat langkah baru dalam menyambut era kendaraan listrik.

Rencana ini pun juga disertai dengan beberapa pengembangan yang dilakukan pemerintah. Salah satu yang mereka fokuskan dalam pengembangan ini adalah penanganan limbah baterai.

Kepala Pusat Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Industri dan Kebijakan Industri Kemenperin, Heru Kustanto menyebutkan bahwa ada beberapa ide yang muncul dalam pengembangan baterai kendaraan listrik.

“Adanya berbagai inisiatif, diharapkan dapat mendorong upaya aktif dari dunia industri, akademisi dan asosiasi dalam negeri untuk mendukung Indonesia dalam menyongsong era kendaraan listrik,” katanya, dikutip dari Bisnis.

Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri (BPTPPI) Semarang dilaporkan telah meriset ekonomi sirkular baterai kendaraan listrik dalam menangani limbah.

Ini merupakan salah satu cara bagi pemerintah dalam mengatasi masalah limbah baterai bekas kendaraan listrik.

Terlepas dari itu, unit BSKJI Kemenperin, Baristand Industri Surabaya juga memberikan kontribusinya untuk mempercepat era elektrifikasi.

Mereka turut mendukung program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dengan merancang infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk motor listrik.

Pembangunan SPKLU sendiri memang merupakan salah satu hal yang paling penting dalam menyongsong era kendaraan listrik.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) saat ini telah mencoba mempercepat langkah untuk mengantisipasi limbah baterai di era kendaraan listrik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.