Pengertian dan Cara Menghindari Rug Pull

Melakukan kegiatan investasi di dalam dunia mata uang digital memang memiliki potensi bagi Anda untuk memperoleh keuntungan yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan jenis-jenis investasi lainnya. Namun sekalipun begitu, Anda harus selalu berhati-hati dan penting untuk mempelajari lebih dahulu aset kripto yang nantinya ingin dibeli.

Hal itu bertujuan supaya Anda tidak terjebak oleh berbagai macam upaya penipuan seperti contohnya rugpull. Bagi Anda yang masih belum mengerti apa itu rug pull, maka berikut akan diulas secara lebih singkat serta bagaimana cara menghindari rug pull tersebut.

Bagaimana Cara Menghindari Rug Pull?

 

Rug pull merupakan sebuah bentuk penipuan di dalam dunia crypto, dimana seorang pengembang akan meninggalkan proyek yang telah mereka buat sendiri. Namun sebelum itu, pihak pengembang akan mengumpulkan dana yang sangat banyak dari para investor.

Mereka akan melakukan penjualan terhadap aset mata uang digital dari proyek yang tengah mereka kembangkan secara serentak, serta dalam jumlah yang sangat banyak, sehingga hal tersebut akan berpengaruh pada nilai aset yang dimiliki oleh para investor menjadi tidak lagi berharga.

Rug pull atau sering juga dikenal dengan istilah exit scam umumnya terjadi pada token dalam DEX yang mengandalkan kumpulan aset yang disimpan di dalam DEX tersebut. Dalam rug pull, penipu nantinya mengaku sebagai pengembang serta merancang sebuah proyek yang sangatlah menjanjikan dan menarik banyak para pengguna.

Supaya Anda bisa terhindar dari penipuan rug pull ini, maka Anda perlu meneliti sebuah aset terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli aset tersebut. Hal ini bertujuan agar Anda dapat membedakan kira-kira mana aset kripto yang benar-benar menjanjikan dan mana aset yang hanya merupakan proyek rug pull saja. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda jadikan pertimbangan ketika melakukan identifikasi proyek yang memiliki potensi rug pull.

Lihat Siapa Organisasi atau Orang yang Membentuk Aset

Hal pertama saat Anda ingin melakukan investasi dalam aset kripto ini, maka Anda perlu untuk meneliti siapa kira-kira organisasi atau orang yang membentuk serta mengawasi aset tersebut. Selain itu juga Anda sangat perlu membaca white paper tiap proyek aset crypto dengan tujuan untuk mengetahui kira-kira bagaimana rencana jangka panjang, bagaimana teknologi di baliknya, serta apa tujuan dari pembuatan aset tersebut.

Perhatikan Jumlah Likuiditas

Di dalam jaringan blockchain, Anda bisa melihat aktivitas dari sebuah aset kripto. Hal tersebut mencakup antara lain data, volume dagang dalam beberapa waktu terakhir, jumlah likuiditas serta berapa DEX yang terdaftar sebagai aset kripto yang sah.

Selaraskan Data

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk terhindar dari rug pull ini yaitu dengan Anda menyelaraskan data yang Anda cari dengan berita yang tengah populer. Anda bisa mencari tahu bagaimana kira-kira respon komunitas crypto pada aset tersebut.

Melakukan kegiatan investasi di dalam dunia mata uang digital memang memiliki potensi bagi Anda untuk memperoleh keuntungan yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan jenis-jenis investasi lainnya. Namun sekalipun begitu, Anda harus selalu berhati-hati dan penting untuk mempelajari lebih dahulu aset kripto yang nantinya ingin dibeli. Hal itu bertujuan supaya Anda tidak terjebak oleh berbagai…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.