Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square Hadirkan Konsep Keberlanjutan dan Kurangi Pencemaran

Sejak tahun 2020 Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square telah menetapkan komitmen penuh untuk berkontribusi terhadap sustainability program atau program keberlanjutan secara menyeluruh. Mulai dari operasional, pengalaman menginap dan bersantap tamu, maupun komitmen staf menjalani pekerjaan sehari hari untuk mencegah dan mengurangi pencemaran lingkungan. Leader Sustainability Hospitality Novotel Mangga Dua Square Jakarta, Anastasya Ayudia, menerangkan, adapun transformasi program berkelanjutan ini meliputi program operasional menginap (Sustainable Stays), program perputaran siklus untuk makanan (Responsible Food Cycle), program berkelanjutan untuk staff, dan pedoman keberlanjutan untuk bepergian (Sustainability Explore).

"Para tamu bisa merasakan pengalaman menginap (Sustainable Stays) tanpa ada satupun plastik satu kali pakai di area hotel," tutur perempuan yang disapa Dea dalam acara "Sustainability in Mind" Selasa (30/4/2024). Kemudian manajemen juga mengurangi konsumsi energi dan air dengan hanya menyediakan amenities terbatas di dalam kamar yang di sesuaikan dengan kebutuhan tamu. Program perputaran siklus untuk makanan (Responsible Food Cycle) juga tidak kalah pentingnya.

Hotel telah menerapkan optimasi mulai dari sistem pengolahan bahan makanan di perkebunan/peternakan, distribusi vendor, menyajikan makanan ke para tamu, hingga pengolahan sampah makanan guna melakukan kontrol dan memperbaiki siklus perputaran makanan. Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square Hadirkan Konsep Keberlanjutan dan Kurangi Pencemaran Mall Tamini Square Jakarta Gelar Festival Soto & Makanan Nusantara, Cek Jadwalnya

Tanam Seribu Bibit Mangga, Pj Walikota Probolinggo : Pusat Mangga di Probolinggo Dukung Efisiensi Energi dan Keberlanjutan, Pupuk Kaltim Mulai Proses Revamping Pabrik Tertua Jelang Pilkada Jakarta 2024, Ahok Muncul Tawarkan Gagasan Solusi Kemacetan, Buat Konsep Superblok

Penyakit Ini Dapat Diobati dengan Daun Mangga dan Cara Pengolahannya Menjaga Kesehatan Jantung Anda dengan Kelezatan dan Khasiat Mangga Secara alami Manfaat Mangga untuk Kesehatan Pencernaan: Serat Tinggi dan Nutrisi Pendukung Alami

Optimasi sistem pengolahan bahan makanan yang dilakukan oleh para produsen yaitu, petani, peternak, dan distributor vendor harus memiliki sistem yang bertanggung jawab dan menerapkan keseimbangan ekosistem, seperti tidak memberikan pestisida atau memberikan obat vaksin bagi hewan yang berlebihan. "Edukasi pentingnya untuk makan secara bijak sesuai dengan porsi juga kami lakukan untuk para tamu, sehingga bisa mengurangi sampah makanan. Setelah makanan selesei disajikan, tim dari kitchen melakukan pengolahan kembali yaitu memisahkan makanan yang masih layak untuk bisa di donasikan, memisahkan sampah sayuran dan buah buahan untuk bisa diolah kembali menjadi pupuk organik di urban garden kami," ungkap dia. Hotel yang dikelola oleh Accor ini juga mengolah bahan makanan organik hasil dari hotel yang ditanam sendiri.

Hotel memiliki area taman dan urban garden yang difungsikan secara langsung untuk bisa mendukung penyediaan bahan makanan. Selain itu, hotel juga menawarkan menu makanan organic yang sehat dan lezat, Novotel Jakarta Mangga Dua Square memperkenalkan microgreens menu a la carte, tersedia 5 menu andalan, Tuna Salad, Vegan Salad, Omega 3, Beef Salad, dan Chicken Salad. Menu tersebut memiliki bahan dasar sayuran organik yang diolah secara baik dan sempurna di padukan dengan microgreens yang memiliki banyak manfaat, dan semakin lezat dengan tambahan topping protein, yaitu pilihan ayam, daging, telur, atau ikan.

"Bagi para tamu vegetarian pun bisa juga menikmati makanan vegetarian yang tersedia di menu a la carte, seperti pizza dan juga salad," ungkap Dea. Di masa kedepan, tim food & beverages pun bisa berkreasi dengan pengolahan bahan makanan yang sustainable, seperti pengolahan kulit semangka menjadi acar, dan masih banyak makanan kreatif lainnya. Tidak hanya untuk para tamu, Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square juga melakukan komitmen untuk para staf.

Para staf diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi para tamu untuk mendukung program sustainability yang diterapkan oleh hotel. Seperti mematikan lampu dan AC jika tidak digunakan, mematikan komputer saat selesei bekerja, memakai tumblr untuk mengisi air minum, dan tidak kalah penting mengkonsumi air minum yang suhu ruangan. Dengan mendorong program berkelanjutan ini, Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square akan memberikan kepada tamu pengalaman menginap yang lebih ramah lingkungan.

Hotel juga akan berkontribusi penuh dalam memberikan panduan bepergian yang sustainable, menyediakan informasi mengenai transportasi umum, tempat rekreasi alam, dan informasi mengenai kendaran berbasis Listrik.

Sejak tahun 2020 Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square telah menetapkan komitmen penuh untuk berkontribusi terhadap sustainability program atau program keberlanjutan secara menyeluruh. Mulai dari operasional, pengalaman menginap dan bersantap tamu, maupun komitmen staf menjalani pekerjaan sehari hari untuk mencegah dan mengurangi pencemaran lingkungan. Leader Sustainability Hospitality Novotel Mangga Dua Square Jakarta, Anastasya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *