Mengenal Obesitas Agar Mencapai Berat Badan Ideal Bayi

Sebagai bunda yang profesional, Anda harus mengenali obesitas agar mencapai berat badan ideal bayi. Bayi obesitas adalah hal yang sangat mungkin terjadi, karena penyebabnya bisa jadi dari kondisi kesehatan ibu atau faktor genetik. Itulah mengapa berat badan ideal bayi sangat diperlukan untuk menunjang bayi tersebut tetap sehat.

Apa yang harus dikenal dari obesitas agar mencapai berat badan ideal bayi?

Pertambahan berat badan bayi hingga usia 1 tahun memang sangat pesat, sebelum ragu apakah bayi Anda obesitas karena ASI atau tidak, maka anda harus memantau perkembangannya. Ketika anda mengamati pertumbuhan dan perkembangan bayi, maka bayi bisa mempunyai berat badan 2 kali lipat berat saat lahir ketika berusia 6 bulan.

Berat badan bayi dikatakan obesitas, pada saat bayi baru lahir di atas 4 kilo. Pada bayi di usia 3 bulan, tante terdapat berat badan ideal bayi yakni 4,2 sampai 6,4 kilo. Berbeda dengan umur yang mencapai 1 tahun yakni 8,5 kilo sampai 9,6 kilo.

Penyebab Bayi Obesitas

Banyak sekali kemungkinan bagi mempunyai kelebihan berat badan dan tidak berada di angka berat badan ideal bayi. Itulah mengapa bayi obesitas pada 2 tahun pertama usia lebih beresiko mengalami masalah kesehatan yang mungkin saja terjadi pada usia tersebut.

Risiko mengalami masalah kesehatan juga bisa terjadi hingga Bayi tumbuh dewasa. Hal ini yang mendasari penting bagi orang tua untuk selalu memantau pertumbuhan berat badan dan tinggi badan bayi sesuai dengan usianya. Sebab, Banyak sekali hal yang menjadi pemicu bayi obesitas.

Ibu Mengalami Diabetes

Penyebab pertama bagi obesitas adalah faktor genetik atau Ibu. Ibu yang mengalami diabetes gestasional tentu meningkatkan risiko bayi obesitas, karena berat bayi berkaitan erat dengan kondisi kesehatan ibunya. Berat badan bayi juga sangat berkaitan dengan riwayat kebiasaan buruk seperti merokok hingga menderita diabetes gestasional yang merupakan faktor risiko.

Metode Persalinan

Bayi yang terlahir dengan cara operasi sesar tentu lebih rentan obesitas pada bayi usia 0-6 bulan. Alasannya sangat simple karena bakteri dalam pencernaannya berbeda dengan bayi yang terlahir secara spontan atau normal lewat vagina. Perlu diingat bahwa metode persalinan bukan satu-satunya penyebab bayi obesitas di usia tersebut.

Konsumsi Susu Formula Berlebih

Susu formula juga bisa memicu bagi obesitas karena beresiko pemberian berlebihan hingga susu habis dari botol. Terdapat kemungkinan bayi obesitas diakibatkan pemberian nutrisi lebih tinggi, terutama apabila bayi tersebut mendapat asupan susu formula sebagai makanan utamanya.

Dalam artian, bayi yang mendapat ASI eksklusif berat badannya cenderung naik lebih perlahan jika dibandingkan dengan susu formula. Terdapat beberapa alasan mengapa susu formula lebih beresiko menyebabkan obesitas pada bayi. Alasan utama adalah overfeeding susu formula yang cenderung jauh lebih besar.

Bayi mempunyai kecenderungan menghabiskan susu di botol walaupun bayi telah kenyang. Orang tua ataupun pengasuh tentu memberikan susu formula sesuai jadwal bukan sinyal rasa lapar bayi. Oleh karena itu, berat badan ideal bayi akan normal apabila anda memberi bayi ASI.

Ibu Obesitas Saat Hamil

Bayi obesitas juga bisa disebabkan akibat kenaikan berat badan yang dialami ibu pada saat kehamilan. Ibu hamil yang obesitas atau mengalami kenaikan badan berlebih akan meningkatkan risiko bayi mengalami makrosomia atau bayi obesitas.

Bayi obesitas cenderung mempunyai lemak yang jauh lebih banyak sehingga meningkatkan risiko obesitas ketika bayi tersebut berkembang. Oleh sebab itu, ibu hamil juga sangat penting untuk mengontrol kenaikan berat badan untuk menjaga berat badan ideal bayi.

Sebagai bunda yang profesional, Anda harus mengenali obesitas agar mencapai berat badan ideal bayi. Bayi obesitas adalah hal yang sangat mungkin terjadi, karena penyebabnya bisa jadi dari kondisi kesehatan ibu atau faktor genetik. Itulah mengapa berat badan ideal bayi sangat diperlukan untuk menunjang bayi tersebut tetap sehat. Apa yang harus dikenal dari obesitas agar mencapai…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.