Mengenal Istilah Dalam Jasa Kirim Paket Luar Negeri

Ketika menekuni bisnis import ataupun ekspor barang, mau tidak mau anda harus mengenal istilah istilah yang sering digunakan dalam bidang tersebut.

Nah, berikut ini adalah contoh-contoh istilah penting yang biasa digunakan dalam jasa kirim paket luar negeri, baik itu impor Kuwait, China, Jepang, Amerika dan juga negara-negara lainnya.

 Apa yang dimaksud dengan Jasa Kirim Paket Luar Negeri?

 

  1. CNF, CIF dan FOB

Istilah pertama yang sering muncul dalam dunia ekspor impor adalah CNF (Cost dan Freight), CIF (Cost, Insurance dan Freight) dan juga FOB.

Arti dari FOB adalah biaya yang harus dikeluarkan dari perusahaan sampai ke pelabuhan tempat penjual berada. Sedangkan CNF adalah biaya dari pelabuhan penjual ke pelabuhan terdekat pembeli tanpa asuransi.

Sedangkan CIF berdefinisi sama seperti CNF hanya saja sudah termasuk biaya asuransi dan lain-lain.

2.      FCL dan LCL (Full Container Loaded)

Istilah LCL dan FCL pasti akan anda temui ketika mengirimkan barang melalui transportasi laut atau darat. LCL atau Less Container Loaded adalah istilah yang digunakan ketika barang yang dikirim tidak mencapai 1 kontainer full.

Berbeda dengan FCL atau Full Container Loaded yang berarti barang dikirim dalam jumlah satu kontainer penuh, entah itu kontainer ukuran 20 ft, 40 ft ataupun 60 ft.

Barang yang dikirim dengan kode LCL biasanya adalah barang-barang yang berasal dari berbagai importir, jadi barang yang ada dalam kontainer berbeda beda jenis dan ukurannya.

Adapun, kode FCL menunjukan bahwa dalam 1 kontainer hanya terdapat satu jenis barang dengan kode dan jenis yang sama.

3.      HS Code

Harmonized System Code atau HS kode adalah kode identifikasi barang, biasanya kode ini digunakan untuk memudahkan seseorang dalam pengklasifikasian barang.

Dengan HS code anda dengan mudah dapat mengetahui produk dengan detail, selain itu ini juga digunakan untuk mengetahui apakah produk yang dijual diizinkan masuk ke negara tertentu atau harus melalui proses pembuatan dokumen-dokumen khusus.

4.      Konsolidasi

Konsolidasi adalah istilah yang digunakan untuk penggabungan beberapa produk dalam satu paket pengiriman. Jadi misalnya anda memesan produk botol minuman, anda juga memesan bunga plastik. Nah, kiriman tersebut dapat digabungkan menjadi 1 paket agar harga bisa lebih murah.

Untuk diketahui, pada pengiriman impor menggunakan kapal laut biasanya ada batasan minimun pengiriman dan juga penggenapan paket. Konsolidasi dapat dilakukan untuk memenuhi minimum pengiriman agar tidak terkena harga pengiriman tinggi.

5.      Packing List

Packing list adalah sebuah dokumen yang berisi tentang daftar paket yang akan dikirim, ini meliputi nama barang, jenis barang, jumlah barang, berat atau kubikasi, nomer shipping dan lainnya.

Selain itu, Packling list atau biasa disingkat PL juga berisi tentang data-data tentang kapal dan pelabuhan pengiriman dan pelabuhan untuk penerimaan barang.

Adapun, packing list nantinya juga berguna untuk menghitung ongkos kirim suatu barang. Dengan melihat packing list pihak jasa pengiriman bisa menentukan ongkir berdasarkan berat barang ataupun kubikasi volume barang yang akan dikirim.

6.      CBM (Meter Kubik)

CBM atau cubic meter adalah istilah yang digunakan untuk pengukuran paket menggunakan metode kubikasi atau volume ukuran paket. Jadi, setiap paket akan diukur volumenya sesuai dengan rumus penghitungan matematika tertentu.

Pada pengukuran dengan CBM, berat paket menjadi tidak berlaku. Pihak jasa pengiriman akan menghitung harga paket berdasarkan harga per 1 CBM barang, bukan berdasarkan harga per 1 kilogram barang.

 

Ketika menekuni bisnis import ataupun ekspor barang, mau tidak mau anda harus mengenal istilah istilah yang sering digunakan dalam bidang tersebut. Nah, berikut ini adalah contoh-contoh istilah penting yang biasa digunakan dalam jasa kirim paket luar negeri, baik itu impor Kuwait, China, Jepang, Amerika dan juga negara-negara lainnya.  Apa yang dimaksud dengan Jasa Kirim Paket…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.