Kredit Perbankan Capai Rp 5.652,8 T, OJK: Stabilitas Sistem Keuangan Terjaga

Juru Bicara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sekar Putih Djarot mengatakan stabilitas sistem keuangan pada September 2021 terjaga dengan kinerja yang bertumbuh positif.

“Terlihat pada pertumbuhan kredit dan penghimpunan dana di pasar modal seiring terkendalinya pandemi Covid-19 dan meningkatnya aktivitas perekonomian,” kata Selar dalam keterangan tertulis Senin, 8 November 2021.

Dia melihat aktivitas perekonomian global mulai pulih sejalan penyebaran Covid-19 varian delta mulai mereda dan peningkatan vaksinasi khususnya di negara berkembang.

OJK, kata dia, secara berkelanjutan melakukan asesmen terhadap sektor jasa keuangan dan perekonomian untuk menjaga momentum percepatan pemulihan ekonomi nasional, serta terus memperkuat sinergi untuk menjaga stabilitas sistem keuangan.

Adapun OJK mencatat kredit perbankan telah mencapai Rp 5.652,8 triliun pada September 2021. Kredit perbankan terus meningkat dan tumbuh 2,21 persen yoy (3,12 persen ytd) pada September 2021.

Pertumbuhan kredit di sektor transportasi, pertanian, rumah tangga dan konstruksi juga tumbuh positif. Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh capai 7,69 persen yoy.

OJK mencatat pertumbuhan kredit sektor transportasi sebesar 14,59 persen, pertanian 4,34 persen, konstruksi 3,6 persen, dan rumah tangga 3,77 persen.

HENDARTYO HANGGI

Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot mengatakan stabilitas sistem keuangan pada September 2021 terjaga dengan kinerja yang bertumbuh positif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.