Ini Tanda-tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin

Vitamin merupakan zat yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit atau disebut juga mikronutrien. Vitamin ini bisa didapatkan dari makanan sehari-hari atau sumplemen tambahan. Akibat kekurangan vitamin akan berdampak pada tubuh. Saat tubuh kekurangan vitamin, maka akan timbul beberapa gejala.

Penyebab kekurangan vitamin bisa dari pola makan yang tidak seimbang, mengonsumsi obat yang mengganggu penyerapan zat gizi, atau keduanya. Saat kekurangan vitamin, setiap orang akan menunjukkan gejala yang berbeda. Namun secara umum, dilansir dari Reader Digest, gejala yang akan timbul di antaranya yaitu:

1. Kuku menjadi rapuh

Tubuh yang kekurangan zat besi akan membuat sebagian tubuh bakal menjadi lemah dan memucat. Tak hanya kuku yang merapuh, mata juga memucat. Wanita yang tengah menstruasi memiliki risiko lebih besar mengalami masalah ini. Untuk mengatasi masalah ini konsumsilah makanan dengan kandungan tinggi zat besi seperti makanan laut, daging, bayam, atau jeruk.

2. Tekanan darah tinggi

Kekurangan vitamin D bisa menunjukkan gejala berupa meningkatnya tekanan darah. Tingginya tekanan darah bisa dihubungkan dengan kurangnya vitamin D dalam tubuh. Cara mengatasinya ialah dengan cara berjemur atau mengonsumsi suplemen tertentu. Makanan yang mengandung vitamin ini adalah salmon, susu sapi, dan jus jeruk.

3. Kram otot kaki

Tubuh membutuhkan elektrolit potassium untuk membantu kontraksi otot. Rendahnya tingkat mineral bisa menyebabkan terjadinya kram otot terutama di bagian betis. Kurangnya potassium biasanya disebakan kerena keringat berlebih, diare, muntah, serta hilangnya cairan. Kram otot kaki dapat diatasi dengan cara mengonsumsi makanan sumber potassium seperti pisang, alpukat, dan air kelapa.

4. Rasa lelah sepanjang waktu

Kurangnya vitamin C bisa menimbulkan rasa lelah di dalam tubuh sepanjang waktu. Rasa lelah karena kekurangan vitamin C lebih rentan dialami oleh perokok. Cara mengatasinya ialah dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C tinggi seperti kiwi, jeruk, nanas, tomat, bayam, dan brokoli.

5. Masalah tulang

Kurangnya kalsium pada tubuh bisa menyebabkan rendahnya massa tulang serta meningkatnya risiko osteoporosis dan patah tulang. Pada usia 30 tahun, tulang seseorang mencapai tingkat maksimum dan akan terus menurun kepadatannya. Cara mengatasinya yaitu dengan memakan makanan produk olahan susu serta sayuran hijau.

6. Produksi hormon tiroid menurun

Menurunnya produksi hormon tiroid merupakan tanda ketika kandungan mineral menurun di tubuh. Hal ini bisa berujung hipotiroid yang menyebabkan sejumlah masalah kesehatan lain. Cara mengatasinya ialah menggunakan garam beryodium ketika memasak. Selain itu konsumsi juga makanan laut serta produk olahan susu.

WINDA OKTAVIA

Penyebab kekurangan vitamin bisa dari pola makan yang tidak seimbang, mengonsumsi obat yang mengganggu penyerapan zat gizi, atau keduanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.