Film Netflix Dominasi FFI 2021, Penyalin Cahaya Hingga Ali & Ratu Ratu Queens

Festival Film Indonesia atau FFI 2021 telah menggelar acara puncak Malam Anugerah Piala Citra di Assembly Hall, Jakarta Convention Centre pada Rabu malam, 10 November 2021. Film-film Netflix seperti Ali & Ratu Ratu Queens, Sobat Ambyar serta Penyalin Cahaya yang akan segera tayang, berhasil memboyong total 16 penghargaan.

Penyalin Cahaya meraih nominasi terbanyak tahun ini dan sukses menjadi film pertama yang mendapatkan Piala Citra terbanyak di Festival Film Indonesia dengan memboyong 12 Piala Citra.

Dalam kategori sebagai berikut: Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik (Wregas Bhanuteja), Pemeran Utama Pria Terbaik (Chicco Kurniawan), Pemeran Pendukung Pria Terbaik (Jerome Kurnia), Penulis Skenario Asli Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penata Suara Terbaik, Pencipta Lagu Tema Terbaik, Penata Musik Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, dan Penata Busana Terbaik. Film Penyalin Cahaya akan segera hadir di Netflix pada 13 Januari 2022.

“Semoga film Penyalin Cahaya tidak hanya berhenti untuk di malam ini tapi semua pesan untuk kita bersama-sama melawan kekerasan seksual dan menciptakan ruang aman untuk kita hidup bisa tersebarluaskan ke seluruh dunia,” kata sutradara Penyalin Cahaya, Wregas Bhanuteja saat menerima Piala Citra Sutradara Terbaik.

Sedangkan film Ali & Ratu Ratu Queens mendapatkan tiga penghargaan untuk kategori Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik (Marissa Anita), penghargaan khusus untuk Karya Kritik Film, serta menjadi Film Terfavorit Pilihan Penonton. Film ini disutradarai oleh Lucky Kuswandi, yang mendapatkan nominasi untuk Sutradara Terbaik.

“Terima kasih banyak FFI. Saya gemetaran. Senang sekali bisa memberikan saya bermain film di film ini. Terima kasih kepada Ibu yang telah melahirkan saya. Terimakasih kepada suami saya, Andrew Trigg yang senang melihat istrinya berkembang dan membiarkan istrinya bercerita,” kata Marissa Anita.

Selain kedua film tersebut, Sobat Ambyar yang menyuguhkan kisah cinta, canda tawa, patah hati, dan persahabatan yang terinspirasi dan diiringi oleh lagu-lagu campursari mendiang Didi Kempot, meraih Piala Citra untuk kategori Penulis Skenario Adaptasi Terbaik.

Sebagai rumah dari film-film terbaik di kelasnya, Netflix menayangkan deretan film Indonesia peraih Piala Citra. Salah satunya adalah Perempuan Tanah Jahanam yang memenangkan enam piala (2020), Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak yang membawa pulang 10 penghargaan (2018), Pengabdi Setan yang mendapatkan tujuh piala (2017), Athirah yang meraih enam piala (2016), dan masih banyak lagi.

Film Netflix seperti Ali & Ratu Ratu Queens, Sobat Ambyar dan Penyalin Cahaya yang akan segera tayang, meraih total 16 penghargaan di FFI 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.