Buah yang Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol

Buah-buahan bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi berkat kandungan serat larutnya. Salah satu jenis serat larut air dalam buah-buahan, yaitu pektin, dapat membantu mengurangi penyerapan lemak dan kolesterol ke dalam aliran darah Anda. Buah-buahan juga mengandung senyawa yang meningkatkan kadar kolesterol yang baik.

Ini akan meningkatkan aliran darah dan mencegah penyakit jantung. Alhasil, konsumsi makanan sehat tentu menjadi cara mudah dan alami untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap aman. Berikut beberapa buah penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi secara rutin.

Apa Saja Buah Penurun Kolesterol?

  1. Apel

Sebagai buah penurun kolesterol, apel mengandung pektin, terutama di bagian kulitnya. Pektin akan menyerap kolesterol dan lemak jahat di usus halus. Kemudian, lemak tersebut akan dibawa keluar tubuh melalui urin dan feses.

Serat dari buah ini juga membantu memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga bisa mengurangi keinginan makan makanan yang tidak sehat. Apel juga tinggi vitamin dan antioksidan polifenol yang dapat mengurangi peradangan.

  1. Pir

Kandungan serat buah pir lebih tinggi dari apel. Sebagai gambaran, buah pir berukuran sedang mampu memenuhi 16% kebutuhan serat harian tubuh Anda. Seperti apel, pir kaya akan pektin, yang mengikat kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh.

Akibatnya, kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh bisa menurun. Berkat nutrisi tersebut, Anda bisa mengonsumsi buah pir sebagai pilihan buah penurun kolesterol yang enak dan sehat.

  1. Alpukat

Penderita kolesterol tinggi juga bisa rutin mengonsumsi alpukat sebagai sumber lemak tak jenuh tunggal. Ini membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) sehingga baik untuk pencegahan penyakit jantung.

Selain mengontrol kolesterol, alpukat dapat memberikan rasa kenyang yang bertahan hingga 3-5 jam setelah dikonsumsi. Buah penurun kolesterol ini juga kaya akan glutathione, antioksidan yang berperan dalam mencegah penyakit jantung dan kanker.

  1. Berry

Buah beri, seperti stroberi, blueberry, dan raspberry, juga tinggi serat pektin yang mengikat kelebihan kolesterol di usus kecil. Menkonsumsi buah berry utuh atau dalam bentuk jus atau ekstrak murni membantu menurunkan kolesterol total dan LDL. Selain itu, buah berry juga tinggi polifenol, antioksidan yang baik untuk tubuh.

  1. Anggur

Anggur juga termasuk dalam buah penurun kolesterol. Selain itu, buah anggur juga baik untuk mencegah gangguan metabolisme akibat radikal bebas. Efek ini dihasilkan oleh antioksidan tinggi dalam anggur.

Antioksidan membantu meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah. Seperti buah-buahan lainnya, anggur juga kaya akan serat larut, yang dapat mengikat kelebihan kolesterol yang diserap di usus halus.

  1. Pepaya

Pepaya cukup terjangkau dan mudah ditemukan. Terlebih lagi, buah penurun kolesterol ini kaya akan antioksidan, seperti likopen, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Berbagai antioksidan dalam pepaya bekerja dengan enzim paraxonase yang akan menghambat pengendapan kolesterol di pembuluh darah.

  1. Jambu biji

Selain pepaya, jambu biji juga merupakan salah satu buah untuk menghilangkan kolesterol jahat (LDL) yang mudah ditemukan di Indonesia. Kandungan potasium dan serat larut dalam buah ini membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Selain itu, nutrisi tersebut juga meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) untuk mencegah resiko penyakit jantung. Jambu biji juga mengandung vitamin dan antioksidan lain yang dapat melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

  1. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah penurun kolesterol yang kaya akan serat larut sehingga mampu mengikat kolesterol yang diserap di usus halus. Buah jeruk ini mengandung d-limonene, senyawa kimia yang berguna untuk melarutkan kolesterol dan menghambat perkembangan kanker payudara dan kanker usus besar.

Tingginya kadar vitamin C dalam buah jeruk juga membantu mencegah kelebihan kolesterol LDL sekaligus mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

 

Buah-buahan bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi berkat kandungan serat larutnya. Salah satu jenis serat larut air dalam buah-buahan, yaitu pektin, dapat membantu mengurangi penyerapan lemak dan kolesterol ke dalam aliran darah Anda. Buah-buahan juga mengandung senyawa yang meningkatkan kadar kolesterol yang baik. Ini akan meningkatkan aliran darah dan mencegah penyakit jantung. Alhasil, konsumsi makanan sehat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.