5 Makanan dan Minuman yang Tidak Baik untuk Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu organ penting tubuh manusia. Kesehatan mata berhubungan dengan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Beberapa makanan dan minuman bisa saja mengganggu kesehatan mata. Karena itu, penting untuk memperhatikan makanan dan minuman yang masuk ke tubuh.

Mengutip dari Web MD, sekitar 250 juta orang mengalami gangguan penglihatan mulai dari ringan hingga berat. Beberapa makanan dan minuman pun harus dihindari agar tidak mengganggu orang tubuh ini. Beberapa makanan dan minuman yang dapat berdampak pada mata di antaranya:

1. Roti dan pasta

Para peneliti menemukan roti dan pasta memiliki risiko lebih tinggi membuat mata rusak dibandingkan dengan Degenerasi Makula terkait Usia (AMD) atau gangguan penglihatan pada orang tua. Hal ini disebabkan karena tubuh mencerna karbohidrat dalam roti dan pasta dengan cepat sehingga menyebabkan lonjakan gula darah.

2. Daging olahan

Makanan seperti hot dog, bacon, dan daging deli sarat dengan sodium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Karena hal ini, ada beberapa gangguan yang dapat muncul pada mata, seperti:- Retinopati hipertensi, yaitu kerusakan pembuluh darah yang menyebabkan penglihatan kabur- Koroidopati, yaitu penumpukan cairan di bawah retina pada mata- Neuropati, yaitu penyumbatan aliran darah yang membunuh saraf dan menyebabkan kehilangan penglihatan.

3. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng dengan lemak trans akan meningkatkan kadar kolesterol. Makanan ini dapat merusak dan membunuh sel. Tak hanya merusak mata, makanan ini pun dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

4. Minuman manis

Minuman manis biasanya terbuat dari 7-10 sendok teh gula. Meski minuman ini menjadi sumber kalori, namun dapat meningkatkan peluang terkena diabetes tipe 2. Selain itu, minuman manis pun dapat menyebabkan kondisi mata berisiko terkena retinopati diabetik dan AMD.

5. Kafein

Minuman berkafein seperti kopi dapat meningkatkan tekanan intraokular (IOP) dalam mata. Studi menunjukkan tekanan ini akan naik pada orang dengan glaukoma atau hipertensi okular (OHT). Hal ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan dan kebutaan.

WINDA OKTAVIA

Beberapa makanan dan minuman bisa mengganggu kesehatan mata. Karena itu penting untuk memperhatikan makanan dan minuman yang masuk ke tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.