4 Tips Atasi Anyang-anyangan Tanpa Obat-Obatan

Sebagian dari kita mungkin pernah mengalami anyang anyangan. Anyang anyangan sendiri adalah gangguan yang menyebabkan rasa perih dan ketidaknyamanan saat buang air kecil. Gangguan ini menimbulkan dorongan untuk sering pergi ke kamar mandi.

Meskipun jumlah urine yang dikeluarkan hanya sedikit. Umumnya, penyakit anyang anyangan ini bisa disebabkan oleh penggunaan produk pembersih yang tidak cocok. Atau karena kebiasaan menahan buang air kecil terlalu lama.

Pada beberapa kasus tertentu, anyang anyang bisa membaik dengan sendirinya. Dosen Kedokteran Unissula Raih Gelar Doktor 50 SOAL PJOK Kelas 7 SMP Ulangan/Ujian Semester 2 Kurikulum Merdeka Thn 2024 & Kunci Jawaban UAS/SAS

Terkait hal ini, Dokter ahli onkologi dari RSUPN Cipto Mangunkusumo Dr dr Andhika Rachman, SpPD KHOM, FINASIM beri penjelasan berikan tips atasi anyang anyangan tanpa mengonsumsi obat. Pertama, konsumsi cairan dengan menyesuaikan kebutuhan tubuh masing masing. Untuk mengecek apakah kebutuhan cairan tubuh cukup, setiap orang bisa melihat warna urinenya sendiri.

Air kencing normal pada umumnya bewarna kuning pucat dan bening. Sedangkan jika warna urine kuning gelap, maka menandakan kamu kekurangan minum air dan mengalami dehidrasi ringan. Kedua, jika diperiksa dan terbukti alami infeksi saluran kemih (ISK), maka selain minum banyak, dianjurkan untuk membuat air kencing bersifat asam.

"Bagaimana caranya? Bisa dengan mengonsumsi vitamin C. Tidak harus suplemen, bisa mengonsumsi buah buahan kuning, merah dan orange," imbuhnya. Ketiga, upayakan banyak berjalan atau aktivitas fisik. Keempat, jangan biasakan menahan buang air kecil.

"Kalau sudah ingin buang air kecil, silakan buang air kecil," imbaunya. Namun, kalau tidak membaik juga, disarankan segera berkonsultasi dengan dokter. Apalagi kalau disertai dengan demam, menggigil, serta adanya darah dalam urine.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Sebagian dari kita mungkin pernah mengalami anyang anyangan. Anyang anyangan sendiri adalah gangguan yang menyebabkan rasa perih dan ketidaknyamanan saat buang air kecil. Gangguan ini menimbulkan dorongan untuk sering pergi ke kamar mandi. Meskipun jumlah urine yang dikeluarkan hanya sedikit. Umumnya, penyakit anyang anyangan ini bisa disebabkan oleh penggunaan produk pembersih yang tidak cocok. Atau…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *